Sejarah Fakultas Ilmu Kesehatan UMAHA

Sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945 bahwa kesempatan untuk memperoleh   pendidikan   adalah   hak   setiap   warganegara.   Namum banyak orang tidak bisa mengenyam pendidikan tinggi karena mahalnya biaya untuk kuliah, disamping itu banyak program yang ditawarkan tapi kurang aplikatif.

Berangkat  dari  kondisi  diatas  Pengurus Yayasan Pendidikan & Sosial Ma'arif (YPM) Sidoarjo, suatu organisasi sosial dalam koordinasi Lembaga Pendidikan  Ma’arif Pusat Nahdatul  Ulama  (LP  Ma’arif NU), ikut menjawab tantangan tersebut dengan mendirikan Akademi Analis Kesehatan YPM Sidoarjo.

Mengantisipasi kebutuhan tenaga laboratorium kesehatan khususnya bidang analis kesehatan maka pada tahun akademik 2002/2003 didirikan  Akademi  Analis  Kesehatan  berdasarkan  Keputusan  Dirjen Dikti nomor: 198/D/O/2002 tanggal 04 September 2002.

Sejak Tanggal 17 Oktober 2014  AAK YPM Sidoarjo resmi berganti nama

menjadi  Fakultas Ilmu  Kesehatan (FIKes) UMAHA dengan memiliki 2 prodi yaitu :

-    Prodi (D3) Analis Kesehatan / Teknologi Laboratorium Medik

-    Prodi (D4) Analis Kesehatan / Teknologi Laboratorium Medik

Prodi (D3) Teknologi Laboratorium Medik, FIKes UMAHA telah terakreditasi “B” oleh BAN-PT dengan Nomor Akrditasi : 481/SK/BAN- PT/Akred/Dpl-III/XII/2014, tanggal 29 Desember 2014. Sedang Prodi (D4) Teknologi Laboratorium Medik, FIKes UMAHA baru resmi dibuka untuk tahun akademik 2015/2016 ini.

Para tenaga pengajar di FIKes UMAHA adalah para Akademisi & Praktisi Kesehatan  yang  telah  berpengalaman  di  bidangnya,  antara  lain  dari Dinas Kesehatan Propinsi Jatim,  Politeknik Kesehatan Surabaya,   dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya, RSUD Sidoarjo, RSU Dr. Soetomo Surabaya, Pusvetma Surabaya dan lain-lain. Disamping profesional dibidang akademis mereka juga mengetahui apa yang dibutuhkan oleh para lulusan yang dapat menunjang keberhasilan uji kompetensi nantinya.